HeadlineSosial Budaya

Biluhu Tengah jadi Desa Percontohan Wisata Literasi

LIMBOTO DAILY – Desa Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo menjadi model atau desa percontohan Wisata Literasi.

Desa wisata literasi merupakan program nasional untuk pengabdian masyarakat, dimana pada tahun ini, program tersebut lebih dititikberatkan pada daerah teluk tomini atau pesisir pantai.

Kegiatan ini digagas atas kerjasama Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dengan pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui dinas perpustakaan dan kearsipan daerah.

“Program UNG dari lembaga pengabdian masyarakat memilih Desa Biluhu Tengah sebagai lokasi pelatihan khusus pengabdian masyarakat, dengan konsep perpustakaan keliling yang mencakupi tiga dusun dan itu akan dibantu dengan mobil pintar/ mobil perpustakaan,” kata Bunda Baca Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway dalam kegiatan Sosialisasi program kerja pengabdian pada masyarakat tentang pendampingan tata kelola layanan perpustakaan keliling berbasis kawasan teluk tomini.

Baca Juga:  KNPI Kecamatan Dungaliyo Soroti Kasus Pencabulan Terhadap Anak di Bawah Umur

Fory yang juga selaku Ketua Dosen Pengabdian Masyarakat itu menjelaskan, nantinya di setiap dusun akan dibuat zona-zona edukasi untuk wisata literasi.

“Nah, wisata literasi inilah akan menjadi pilot project yang dibina oleh UNG dan bermitra dengan dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Gorontalo,” ujarnya.

“Linknya ke pusat karena ini program Nasional. Perpustakaan Nasional memberi bantuan soal buku sesuai dengan pesisir- pesisir yang dibantu termasuk pesisir pantai dan referensinya lebih banyak pada masalah perikanan atau tata cara nelayan,” sambung dia.

Istri Bupati Gorontalo itu menambahkan, perpustakaan keliling ini sasaranya untuk membudayakan membaca kepada masyarakat. Baik literasi di dalamnya berupa membaca, menulis dan bercerita.

Baca Juga:  Karang Taruna Kabgor Salurkan Paket Sembako Kepada Pengurus di Seluruh Tingkat Kecamatan

Fory juga menuturkan, pihaknya telah mengklaster kerjasama dengan pemerintah desa terkait rencana kedepan pembangunan perpustakaan untuk kelas PAUD.

“Dan ini akan menjadi contoh semua bagi Kecamatan Biluhu dan imbasnya ke Kecamatan Batudaa Pantai,” terang Fory Naway.

Ia juga meminta bunda baca yang ada di tingkat desa dan kecamatan harus diberdayakan serta menggalang lagi satgas-satgas relawan literasi.

“Satgas ini kami memilih para alumni dari UNG yang sudah berdomisili di desa ini dan mereka jadi mitra bunda baca desa dan kecamatan untuk membantu aktivitas persiapan wisata literasi yang ada di desa biluhu tengah ini,” tukasnya. (If)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker